Rabu, 22 Oktober 2014

Opera Pan Japan

Opera Pan Japan Logo | Gabung Jejepangan

Opera Pan Japan (OPJ)

[Cosplay Team]

Sifat perkumpulan :  *Bersyarat
Domisili : Jakarta Utara
Jumlah anggota : 23 orang (19 pria, 4 wanita)
Sosmed : Fanpages | Twitter
Instagram :  #operapanjapan
Email : opera_pan_japan@yahoo.com 


Opera Pan Japan (OPJ) merupakan tim cosplay yang memiliki spesialisasi di kategori Tokusatsu (Super hero/live action Jepang). Berdiri pada tanggal 17 Juli 2010 saat WCG Cosplay Competition di Mall Taman Anggrek, yang diawali dari keinginan para pendirinya untuk perform bersama karakter-karakter tokusatsu di atas panggung (kabaret). Pada saat itu, lomba cosplay kategori tokusatsu berhasil dimenangkan semua (juara 1, 2, dan 3) oleh cikal bakal anggota/pendiri OPJ.

Nama OPJ sendiri merupakan selenehan dari salah satu acara televisi yang banyak peminatnya. Dengan konsep yang menyerupai acara tersebut dan ingin beda dengan konsep perform tokusatsu yang telah ada, OPJ mencoba untuk memperkuat jalan cerita pada setiap penampilannya dengan menggabungkan adegan fighting dan komedi yang diarahkan oleh seorang MC/Dalang secara live (langsung). Dalam penampilannya, OPJ berusaha tidak out of character sebagai bagian dari menghormati hobi cosplay.

Anggota OPJ terdiri dari mahasiswa, karyawan, wirausahawan dan costume maker. OPJ masih terus mengembangkan diri dengan secara aktif mengikuti event-event Jejepangan dan event-event yang terdapat cosplaynya dan masih menerima anggota baru dengan syarat: mengenal dan suka dengan karakter-karakter tokusatsu, mau ber-cosplay tokusatsu, dan sudah mengenal dekat setiap anggota OPJ yang sudah ada.

Bagi OPJ cosplay itu adalah hobi sebagai bentuk penyaluran kesenangan dan kreatifitas. Akan tetapi tetap bertanggung jawab dan menghormati orang lain. Jika menang dalam suatu lomba atau mendapatkan tawaran kerjasama, itu adalah merupakan bonus.

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan


Ketua : Ojan Riders
Wakil : Widy Herwindo
Motto : iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii !!!!
Visi 
Menjadi Tim Cosplay sepesialis Tokusatsu yang solid dan bisa berkunjung ke daerah-daerah yang ada cosplay-nya di Indonesia untuk lebih memperkenalkan cosplay, khususnya genre Tokusatsu

Misi :
1. Untuk lebih memperkenalkan cosplay kabaret Tokusatsu yang tidak selalu tentang aksi-aksi pertempuran (fighting) akan tetapi juga memperkuat pada jalan cerita dan parodi yang digabung/diselaraskan panduan dari seorang MC / Dalang / Narator yang perform secara live (bukan rekaman/dubbing).
2. Ikut berpartisipasi pada event-event cosplay lokal maupun internasional terutama yang melombakan Cosplay kabaret. Bukan kemenangan dan penghargaan yang diinginkan, akan tetapi pertemanan dengan cosplayer lain dan untuk membangun tim OPJ agar lebih solid lagi.
3. Mengembangkan dan melengkapkan seri karakter-karakter Tokusatsu yang di-cosplay-kan agar cosplay kabaret menjadi semakin berwarna.
4. Berencana untuk mengembangkan lebih karakter-karakter penjahat/monster
5. Mengembangkan cerita yang mempunyai hubungan satu sama lain (berkesinambungan)
6. Mengembangkan kemampuan dan kreatifitas anggotanya yang juga suka cosplay dengan genre anime/manga, game, US dan sebagainya.
7. Siap berpartisipasi dan berkerjasama pada event-event Jepang, event cosplay atau event lainnya dengan prinsip saling menguntungkan.
8. Berusaha untuk tidak out of character pada setiap kesempatan ketika sudah memakai full costume, karena cosplayer (orang yang cosplay) adalah seniman yang berkostum.

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan


Bentuk partisipasi sebagai pengisi acara dan Penghargaan:
1. Juara Pertama lomba cosplay cabaret pada Groovy Comics Festival di Central Park, 5 Juni 2011. Selain Juara pertama di cosplay cabaret, mendapat juara pertama juga untuk individual di genre Tokusatsu dan Anime/manga.
2. OPJ Duo Kamvret lolos masuk ke babak final di CLAS:H (Cosplay Live Action:Hybrid) pada 24 Juli 2011.
3. Juara pertama kompetisi individu di kategori Tokusatsu, Anime dan Game di Non CLAS:H cosplay competition 2011
4. Pengisi acara cosplay cabaret di Battle of The Toys (BOTTS) pada 8 October 2011
5. Juara pertama dan kedua di kategori Tokusatsu dan Juara pertama di kategori Anime pada event FIRE#1 di Jogjakarta pada 25 September 2011.
6. OPJ Duo Kamvret sebagai wakil dari Indonesia, mendapatkan juara 3 (2nd runner up) pada ajang AFA's Regional Cosplay Championship 2012 (ARCC 2012) yang diselenggarakan di Singapura pada tanggal 13 November 2011.
7. Menjadi panitia cosplay competition dan pengisi acara cosplay kabaret tanggal 25 February 2012 pada “BCA Anniversary Week” dalam rangka ulang tahun BCA yang ke 55 tahun
8. Salah satu pengisi acara cosplay cabaret di “Japan Pop Culture “ pada tanggal 26 Feb 2012.
9. Liputan oleh Trans7 untuk acara Bingkai berita dan Komunitas Unik
10. Pengisi acara cosplay kabaret di Toys Fair pada bulan Maret 2012
11. Bintang tamu cosplay cabaret untuk even “Korea Japan Festival” pada April 2012
12. Bintang tamu cosplay cabaret di SMA 5 Bekasi
13. OPJ Devil Reborn, mendapatkan juara ketiga pada Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) tanggal 30 Juni 2012
14. OPJ Item-item dan OPJ Devil Return, masing-masing meraih penghargaan best costume dan 2nd Runner up pada CLAS:H 2013
15. OPJ Butterfly meraih 2nd Runner Up pada AFAID (Anime Festival Asia – Indonesia) 2013
16. Ikut ambil bagian pada Sharp Matsuri pada September dan Desember 2013
17. OPJ 2nd Division meraih Juara Umum Cosplay Cabaret dan Juara Best performence di event “Indonesia Japan Expo 2013” pada tanggal 22 Desember 2013
18. OPJ Return meraih Juara Favorit untuk kategori Tim di The X (10th) Jakarta Toys Fair and Comics Fair Cosplay Competition pada tanggal 16 Maret 2014.
19. dll yang tidak disebutkan di atas

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

Berikut adalah beberapa link mengenai performance tim OPJ baik di lomba cosplay maupun tampil sebagai pengisi acara di event-event tertentu:
1. Cosplay Cabaret di Central Park, "Opera Pan Japan Rider Championship"
Video Facebook | Video Youtube
2. Cosplay Cabaret di Pluit Village, " Opera Pan Japan Rider Championship 2":
Video Facebook
3. OPJ shocker Combatant perform di HelloFest
Video Facebook | Video Youtube
4. Pengisi acara di Japan Pop Culture Festival 2012
Video Facebook | Video Youtube
5. Perform di SMA 5 Bekasi
Video Facebook 1 | Video Facebook 2
6. Liputan Komunitas Unik Trans 7
Video Facebook 1 | Video Facebook 2
7. OPJ 2nd Division meraih Juara Umum Cosplay Cabaret dan Juara Best performence di event “Indonesia Japan Expo 2013” pada tanggal 22 Desember 2013
Video Facebook
8. OPJ di berita Trans7 Pagi
Video Facebook
9. OPJ Return di
Video Youtube
10. Dan banyak video2 iseng contohnya
Video Facebook 1 | Video Facebook 2 | Video Youtube
11.  Dan video video lainnya yang ada di fanpage OPJ
Album Video Facebook

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

Opera Pan Japan Cosplay Team | Gabung Jejepangan

(Narasumber: Admin OPJ)